Sunday, February 15, 2009

Skripsi Pendidikan

ABSTRAK

Ilham, 2008. Faktor Penghambat Guru Geografi SMU Negeri dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di Kota Makassar. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) Faktor-faktor penghambat guru geografi SMU Negeri di Kota Makassar dalam menyusun RPP, (1) Sejauh mana Factor-faktor penghambat tersebut menghambat guru geografi SMU Negeri di Kota Makassar dalam menyusun RPP?

Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru geografi SMU Negeri di Kota Makassar berjumlah 41. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sampel total dari jumlah keseluruhan populasi guru Geografi SMU Negeri di kota Makassar. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan : (1) instrumen angket mengenai kendala guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, (2) instrumen angket penilaian kelengkapan komponen rencana pelaksanaan pembelajaran RPP.

Faktor-faktor yang menjadi penghambat guru Geografi SMU Negeri di Kota Makassar adalah kurangnya keterampilan guru dalam menyusun komponen perencanaan dalam RPP, tidak adanya waktu yang luang dalam menyusun RPP, sulitnya menyesuaikan waktu, minimnya dana dalam mempersiapkan RPP, minimnya dana dalam mempersiapkan PBM dan kegiatan praktek, minimnya media dan perlengkapan pendukung yang dapat direnacanakan penggunaan dalam PBM, minimnya fasiltas ruangan dalam merencanakan PBM.

Dari beberapa variabel faktor penghambat yang telah dirumuskan menunjukkan bahwa tingkat peresentase terbesar yang dihadapi guru adalah faktor minimnya dana dan faktor kurangnya media dan perlengkapan pendukung dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).

No comments:

Post a Comment

KONSEP DAN ARAH PENGEMBANGAN SISWA PECINTA LINGKUNGAN HIDUP (SISPULIH) DI SMA NEGERI 1 MALLUSETASI KABUPATEN BARRU

Oleh : Ilham, s.pd (Guru Geografi SMU Negeri 1 Mallusetasi) Keinginan setiap manusia untuk meningkatkan kalitas hidup merupakan sesuatu yang...